Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010

Masalah-Masalah Yang Dialami Anak Usia Dini Dan Implika-sinya Bagi Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak

I Kadek Suranata (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2010

Abstract

Setiap orang yang berada dalam fase pertumbuhan dan perkembangan  (termasuk anak TK) mengalami berbagai hambatan, gangguan serta kesulitan yang pemecahannya kadang-kadang memerlukan bantuan orang lain terutama orang yang profesional. Masalah-masalah yang tidak terentaskan secara tepat bisa menimbulkan hambatan dan masalah pada anak masa sekarang, maupun setelah anak melanjutkan ke jenjang sekolah dasar. Supaya bantuan yang diberikan pada anak TK sesuai dan tepat dengan permasalahannya, perlu diketahui terlebih dahulu masalah-masa-lah apa yang dialami anak TK. Untuk itu masalah dalam penelitian ini adalah  masalah-masalah apa yang dialami anak TK ditinjau dari aspek  pertumbuhan dan perkembangannya? Tujuan penelitian  adalah (1) mendeskripsikan masalah-masalah yang dialami anak TK berdasarkan aspek perkembangan (2) mengkaji implikasinya bagi bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Sampelnya orang tua dan guru TK Kodya Denpasar yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner (untuk guru dan orangtua siswa). Teknik analisis data adalah dengan teknik prosentase. Temuan penelitian mengungkapkan lima kelompok masalah yang dialami anak TK, kelima kelompok masalah yang dialami anak TK adalah : sosial, misalnya “negativisme”, emosional, misalnya cemas, moral, misalnya sengaja merusak mainan teman, perkembangan pengertian seperti lambat memahami keterangan atau penjelasan, dan bahasa, misalnya keterlambatan bicara.Kata kunci: Masalah anak TK, Implikasi BK di TK

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...