PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 13 No. 02 (2018)

PEMILIHAN MATERI/ASPEK KEBAHASAAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH (SMP/MSN, SMA/MA, SMK)

I Nengah Martha (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Saat ini, kurikulum yang digunakan pada jenjang pendidikan menengah (SMP/MSn, SMA/MA, SMK) adalah Kurikulum 2013. Untuk pembelajaran bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 ini menekankan  beberapa hal, seperti: isi dan tujuan pembelajaran berbasis kompetensi, proses pembelajaran berbasis saintifik, tagihan pembelajaran berbasis asesmen autentik, pintu masuk pembelajaran berbasis teks, dan hasil belajar akhir berupa produk. Penekanan-penekanan yang disebut di atas  akan membawa pengaruh terhadap perilaku guru dalam pembelajaran bahasa  Indonesia di sekolah terkait materi/isi, proses, asesmen, jalur, dan produk belajar. Artikel ini, secara khusus akan  mengungkap mengenai Pilihan Materi/ Aspek Kebahasaan dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan SMP/MSn, SMA/MA, SMK.Kata kunci: Aspek Kebahasaan, Kurikulum 2013, Pendidikan Menengah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...