Kegiatan Komunikasi PemasaranJaringan Perempuan Usaha Kecil Kartini (Jarpuk)Kabupaten Sukoharjo Yos Wahyu Harinta Fakultas Pertanian, Universitas Veteran Bangun Nusantara,Jl.Letjen Sujono Humardani No.1, Sukoharjo 57521.Tel. +62-0271-593156, fak +62-0271-591065 Abstrak Penelitian ini mengarahkan kajian secara teliti untuk memahami dan mendeskripsikan mengenai pemahaman JARPUK Kartini Sukoharjo dan anggotanya tentang kegiatan komunikasi pemasaran di bidang hubungan masyarakat, periklanan, promosi penjualan , personal selling , direct marketing. Lokasi penelitan berada di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan studi kasus tunggal atau studi kasus terpancang dan termasuk jenis penelitian dasar dengan strategi deskriptif kualitatif. Data penelitian digali melalui wawancara mendalam, observasi berperan pasif dan analisis isi. Sumber data ditentukan dengan teknik snowball sampling sedang untuk pengembangan validitas dilakukan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan secara induktif dengan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Berdasar pada pembahasan terhadap temuan-temuan diperoleh bahwa JARPUK Kartini Sukoharjo dan anggotanya dalam memahami tentang kegiatan komunikasi pemasaran di bidang hubungan masyarakat, periklanan, promosi penjualan, personal selling, direct marketing adalah masih sangat minim. Kegiatannya didominasi oleh kegiatan hubungan masyarakat dan personal selling. Uuntuk aktifitas periklanan dan direct marketing atau pemasaran langsung masih minim, Bidang pemasaran yang paling dipahami adalah dengan cara penjualan langsung atau penjualan tatap muka , menawarkan langsung ke konsumen, door to door, lewat pertemuan-pertemuan, menyetorkan ke warung atau hek, dan mengikuti pameran. Persepsi dan Partisipasi Pemerintah Daerah Sukoharjo adalah tidak berpijak pada PUK. Kata Kunci : JARPUK , personal selling , direct marketing
Copyrights © 2010