PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF GLOBAL Pranowo Narjosoeripto FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Jl. Letjend. Sujono Humardani No. 1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521 Telp. (0271) 593156 Fax. (0271) 591065  Abstrak Era globalisasi membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dunia pendidikan. Pendidikan di era global diartikan sebagai pendidikan yang dapat menjawab tantangan globalisasi, yaitu suatu proses yang dapat melahirkan individu yang berbekal pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk hidup dan berkiprah dalam era globalisasi. Guru dalam era global memiliki tugas dan fungsi yang lebih komplek, sehingga perlu memiliki kompetensi dan profesionalisme yang standar. Rendahnya profesionalisme guru di Indonesia menjadikan upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru pada era global menjadi suatu keharusasn agar guru mendapat tempat terhormat dan sejajar dengan profesi lainnya. Dan bangsa kita sangat mengharapkan agar kualitas guru ditingkatkan profesionalismenya, sehingga nantinya dapat menghasilkan lulusan yang bermutu. Sehingga cara meningkatkan profesionalisme guru dalam era global agar menghasilkan lulusan yang bermutu merupakan masalah yang perlu dicarikan pemecahannya.Pengembangan kompetensi guru didasarkan atas pertimbangan (1) perkembangan IPTEK, khususnya arus globalisasi dan informasi, (2) menutupi kelemahan yang tak tampak pada waktu seleksi, (3) mengembangkan sikap profesional, (4) mengembangkan kompetensi profesional, dan (5) menumbuhkan ikatan batin antara guru dan kepala sekolah. Secara teknis, kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah (1) bimbingan dan tugas, (2) pendidikan dan pelatihan, (3) kursus, (4) studi lanjut, (5) promosi, (6) latihan jabatan, (7) rotasi jabatan, (8) konferensi, (9) penataran, (10) lokakarya, (11) seminar, dan (12) pembinaan profesional guru (supervisi pengajaran). Sedangkan untuk menjamin konsistensi profesionalisme guru diperlukan upaya-upaya peningkatan profesionalisme secara berkesinambungan. Secara preskriptif, dukungan kompetensi manajemen, strategi pemberdayaan, supervisi pengembangan, dan PTK merupakan dimensi-dimensi teoretis untuk meningkatkan profesionalisme guru di era global. Kata kunci : profesionalisme guru, perspektif global
Copyrights © 2012