Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
Vol 2, No 4 (2010): Speed 8 - 2010

Implementasi Sms Gateway Dan Sms Broadcast Untuk Pelayanan Konsumen Pada Cv. Tanjung Pinang Motor Pacitan

Noto, Tri (universitas surakarta)
Wardati, Indah Uli (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2012

Abstract

Persaingan bisnis yang demikian ketat sekarang ini memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. menjadi suatu yang berbeda dari saingan merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Memanfaatkan teknologi dan konsep pemasaran CRM ( Customer Relationship Management) adalah langkah untuk menghadapi permasalahan tersebut. Penerapan SMS Gateway sebagai teknologi yang digunakan untuk mendukung konsep CRM sangatlah efektif dan efisien. Pada masa sekarang ini hampir semua pelanggan memiliki HP, jadi SMS merupakan sarana yang bagus untuk menyampaikan informasi karena cepat dan sampai langsung ke pelanggan, disamping karena biayanya yang murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan bagi karyawan dalam menyampaikan informasi kepada para konsumen CV. Tanjung Pinang Motor, dan konsumen dapat mengakses informasi yang dibutuhkan lewat telepon seluler dengan format SMS. Dengan adanya SMS Gateway Dan Broadcast untuk pelayanan konsumen, CV. Tanjung Pinang Motor menjadi mudah dan efisien dalam melakukan promosi sehingga mahalnya biaya cetak brosur dan pemborosan Brosur dapat diminimalkan.   Kata kunci:  SMS, SMS Gateway, SMS Broadcast, CRM

Copyrights © 2010