Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
Vol 5, No 4 (2013): Speed 20 - 2013

Pengaruh Penggunaan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumberlawang Sragen

Santoso, Debyo Hendry (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2013

Abstract

Abstrak – Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VII SMP N 2 Sumberlawang Sragen Semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 masih menggunakan metode ceramah/konvensional dan mulai semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan media komputer yaitu dengan pemanfaatan aplikasi software presentasi Microsoft Power Point, Peta Digital dengan Macromedia Flash, Google Earth dan Internet  tapi sampai saat ini belum diketahui sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII di sekolah SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. Rumusan  masalah dari penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Sumberlawang. Populasi dari Penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling, Instrumen pengumpulan data pengggunaan media komputer yang digunakan adalah kuesioner dan prestasi belajar diperoleh dengan metode dokumentasi pada nilai rapor  semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Analisis data yang digunakan  dengan analisis regresi linier sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pembuktian sejauh mana pengaruh penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang. Manfaat dari penelitian adalah sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah dalam membuat kebijakan tentang kesinambungan proses belajar mengajar khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam kaitannya dengan penggunaan media komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, wawancara, analisis perhitungan statistik. Setelah data terkumpul dan diolah statistik dengan SPSS 18 diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.001. Kemudian Fhitung dibandingkan dengan Ftabel, dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh Ftabel sebesar 4.10. Sehingga Fhitung > Ftabel. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. Kata Kunci :  Media Pembelajaran, Prestasi Belajar   Abstract – The study of Social Science in class VII SMP N 2 Sumberlawang Sragen 1 year Semester 2011/2012 lessons still use methods/konvensional lecture and start 2-year semester 2011/2012 lessons using computer media namely with the utilization of software applications Microsoft Power Point Presentation, the Digital Map with Macromedia Flash, Google Earth and the Internet but till now not yet known to what extent its effect on improving learning achievements of sociaL science  learners class VII in Junior High School 2 Sumberlawang, Sragen. Problem formulation of this research is the extent to which the effects of the use of computer media for accomplishment of learning Science subjects Geography learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. This research was carried out in junior high N 2 Sumberlawang. The population of this research is the learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, sampling with proportional random sampling techniques, data collection Instruments used are questionnaire and learning achievements obtained by the method of documentation on the value of the lesson 2 years semester ratings 2011/2012. The analysis of the data used by a simple linear regression analysis. The purpose of this research is to obtain proof of the extent of influence of computer media use of the achievements of the study of Social Science students of class VII Junior High School 2 Sumberlawang. The benefits of research are as input material for the school in making policies about the continuity of the process of teaching and learning in particular for Social Science  in relation to the use of computer media. The research method used was the library, observation, interviews, analysis of statistical calculation. After the data is collected and processed with SPSS statistics 18 obtained a value of F a countdown 8.001. Then Fhitung compared to the F tables, with a 5% significant level then retrieved F table of 4.10. So F a countdown > F table a Keywords: Learning Media, Learning Achievements

Copyrights © 2013