Permasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek afektif, (2) pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek kongnitif,(3) pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek psikomotor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Metode eksperimen dalam penelitian ini dapat terjemahkan sebagai metode penelitian yang digunakan merupakan Nonrandomized Control grup Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua 1) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar sikapsiswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig 0,001 ˂ 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung Sig 0,000 ˂ 0,05 3) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig 0,031 < 0,05.ertadidikkelas XI IPS di SMA Negeri 9 di Sijunjung terbagi menjadi 4 kelas yaitu kelas IPS 1, IPS 2, IPS 3, IPS 4 dengan sampel 25 eksperimen dan 27 kontrol menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi. Analisa data yang digunakan dengan dua cara yaitu (1) analisis deskripif dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig 0,001 ˂ 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung Sig 0,000 ˂ 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig 0,031 < 0,05.
Copyrights © 2021