Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol. 5 No. 1 (2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII-1 DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.

I Gusti Ngurah Riki Wahyudi . (Unknown)
Drs. I Ketut Margi, M.Si . (Unknown)
Ketut Sedana Arta, S.Pd. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) model example non-example pada mata pelajaran IPS kelas VII-1 di SMP N 2 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) model example non-example pada mata pelajaran IPS kelas VII-1 di SMP N 2 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VII-1 di SMP N 2 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah (PBL) example non-example pada mata pelajaran IPS . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu: (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) melakukan observasi, (5) melakukan refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) persentase rata-rata motivasi belajar siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 2 Singaraja pada siklus I adalah 66,19% dengan kategori sangat positif, meningkat menjadi 67,85% pada siklus II dengan kategori sangat positif; (2) persentase rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 2 Singaraja pada siklus I adalah 81%. dengan kategori baik, meningkat menjadi 86,25% pada siklus II dengan kategori sangat baik; (3) tanggapan siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 2 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) model example non-example mencapai kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) model example non-example dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015.Kata Kunci : Model Pembelajaran berbasis masalah (PBL) example non-example, Motivasi belajar, Hasil Belajar. This research aims to (1) determine the application of problem-based learning model (PBL) model of example non-example in social studies class VII-1 in SMP N 2 Singaraja in the second semester of academic year 2014-2015 can increase students motivation, (2) determine the application model of problem-based learning (PBL) model of example non-example in social studies class VII-1 in SMP N 2 Singaraja in the second semester of academic year 2014-2015 can improve student learning outcomes, (3) to determine the response class VII-1 in SMP N 2 Singaraja in the second semester of school year 2014-2015 with the implementation model of problem-based learning (PBL) example non-example in social studies. This research is a classroom action research (PTK). The stages are done in the classroom action research (PTK), namely: (1) determining the subject of research, (2) make a plan of action, (3) implement measures, (4) to make observations, (5) reflection and evaluation, The results showed: (1) the average percentage of students' motivation in class VII-1 SMP Negeri 2 Singaraja in the first cycle was 66.19% with a very positive category, increased to 67.85% in the second cycle categorized as very positive ; (2) the average percentage of student learning outcomes in grade VII-1 in SMP Negeri 2 Singaraja in the first cycle was 81% in both categories, increased to 86.25% in the second cycle with very good category; (3) the responses class VII-1 in SMP Negeri 2 Singaraja on the implementation model of problem-based learning (PBL) model of example non-example achieving very positive category. Based on these results it can be concluded that the application of the model of problem-based learning (PBL) model of example non-example can improve motivation and learning outcomes of students of class VII IPS-1 SMP Negeri 2 Singaraja school year 2014/2015.keyword : Problem Based Learning (PBL) example non-examples, Learning Motivation, Learning Outcome.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJPS

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Widya Winayata: Jurnal Jurusan Pendidikan Sejarah is a scientific journal published by the Department of History Education, Faculty of Law and Social Sciences, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and results of community service in education ...