Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ni Kadek Martini (Unknown)
Lulup Endah Tripalupi (Unknown)
Iyus Akhmad Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan “Post Test Only, Non- Equivalent Control  Grup  Design” yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model  pembelajaran Auditory  Intellectually Repetition (AIR)  dengan kelompok siswa yang belajar tidak dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Data mengenai hasil belajar ekonomi  dikumpulkan  dengan  menggunakan  tes  hasil  belajar  yang  diberikan  pada  akhir penelitian. Data hasil belajar ekonomi siswa selanjutnya dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan kelompok siswa yang belajar tidak dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)yang ditunjukkan dari nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...