Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol. 10 No. 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANGLI

Ida Ayu Gede Sri Wahyuni (Unknown)
I Nyoman Sukajaya (Jurusan Matematika)
Ni Made Juniantari (Jurusan Matematika)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICAREberbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sertamemberikan alternatif dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkanprestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semudengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group. Populasi penelitianini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bangli tahun ajaran 2018/2019. Sampeldalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang diambil denganmenggunakan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar matematikasiswa diukur menggunakan tes prestasi belajar matematika berbentuk uraian yangdiberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalahmatematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa = 2,1086 > = 0,0630tabelthitungt sehingga 0 Hditolak. Ini berarti bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan denganmenggunakan menggunakan ICARE berbantuan multimedia interaktif lebih baikdaripada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajarankonvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modelpembelajaran ICARE berbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajarmatematika siswa.Kata kunci: model pembelajaran ICARE, multimedia interaktif, prestasi belajarmatematika.

Copyrights © 2019