Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Noviarini, Ni Putu (Unknown)
Wiyasa, I Komang Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi pengetahuan IPA siswa yang belum optimal dan kegiatan pembelajaran yang kurang aktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Numbered  Head  Together berbantuan media peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu  siswa kelas IV yang berjumlah 252 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok sampel yang ditentukan melalui teknik Random Sampling dan telah melewati uji kesetaraan. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa sedangkan kelompok kontrol dalam penelitian berjumlah 38 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata nilai post test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 82,46 dan kelompok kontrol yaitu 76,26. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 3,668 >  ttabel = 1,992 dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 75 sehingga Ho ditolak yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered  Head  Together berbantuan media peta konsep memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. Maka dari itu, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered  Head  Together berbantuan media peta konsep baik diterapkan dalam kegiatan belajar IPA dan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar menarik dan terarah sehingga berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...