Hasil penelitian yang dilakukan tidak banyak dirangkum atau di uji kembali untuk mengetahui keefektifan hasil suatu penelitian tersebut. Penelitian ini berbasis kepustakaan dengan metode meta-analisis terbaru mengenai model Numbered Heads Together pada pembelajaran IPA di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model numbered heads together terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini adalah sepuluh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,984, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,984 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model Numbered Heads Together secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPA siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together sangat cocok digunakan pada pembelajaran IPA, dikarenakan besar pengaruh model numbered heads together ada pada kategori besar dan sedang . Tentu hal tersebut didukung oleh manfaat dari model pembelajaran Numbered Heads together itu sendiri, yaitu penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar, kepekaan dan toleransi, hasil belajar lebih tinggi, rasa harga diri menjadi lebih tinggi dan pemahaman yang lebih mendalam.
Copyrights © 2020