Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2022): April

Kebutuhan E-Modul Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas XI

Yahdiyani, Yahdiyani (Unknown)
Helendra, Helendra (Unknown)
Yumna, Hayyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Adanya kebijakan pembelajaran daring menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan modul elektronik (e-modul) biologi berbasis pendekatan saintifik yang akan dikembangkan dengan aplikasi sigil sebagai media pembelajaran alternatif untuk peserta didik agar dapat belajar secara mandiri selama pembelajaran daring. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis kebutuhan peserta didik dengan 5 langkah analisis utama yaitu analisis terhadap awal akhir pembelajaran, peserta didik, tugas, konsep, dan tujuan pembelajaran. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 35 orang siswa sekolah menengah atas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, survei terhadap peserta didik, dan wawancara terhadap guru. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah lembar wawancara dan lembar kuesioner secara online. Hasil analisis kebutuhan ini yaitu tersedianya laboratorium komputer di sekolah telah dilengkapi wifi dan handphone yang dimiliki peserta didik untuk kebutuhan pembelajaran, serta adanya penggunaan e-modul berformat pdf tetapi belum berbasis pendekatan saintifik. Oleh sebab itu, e-modul biologi perlu dikembangkan dengan berbasis pendekatan saintifik yang dapat diakses berulang secara offline dimana saja dan kapan saja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...