Kurangnya pemahaman guru dalam memilih bahan ajar sehingga anak didik hanya diberikan bahan ajar berupa buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi sastra dalam cerita anak liburan seru di desa nenek lulu karya anee rahman sebagai alternatif bahan ajar sastra di SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (kualitatif). Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode baca dan catat, kepustakaan, dan wawancara. Sumber data diperoleh dari buku cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman. Hasil penelitian yang diperoleh dikaitkan dengan teori struktur kepribadian Sigmund Freud. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepribadian tokoh utama Lulu, tokoh utama Ridwan, tokoh utama Kayla, tokoh utama Udin, dan tokoh utama Kamil dalam cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman dibagi menjadi tiga unsur, yaitu id, ego, dan superego. Cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu bisa dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SD karena sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru diharapkan dapat memanfaatkan cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman sebagai bahan ajar sastra yang berkaitan dengan materi ajar sastra di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022