Media Komunikasi FPIPS
Vol. 17 No. 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn

I Kd. Mega Putra Harapan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.G.A. Agung Sri Asri (Universitas Pendidikan Ganesha)
M.G. Rini Kristiantari (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikankompetensi pengetahuan PPKn kelompok siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuanmedia video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secarakonvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman DenpasarSelatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitianeksperimen semu dengan rancangan non-ekuivalen control groupdesaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VJenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 yangberjumlah 332 siswa. Penentuan kelompok eksperimen dan kontroldilakukan dengan teknik random sampling. Data kompetensipengetahuan PPKn siswa dikumpulkan dengan instrumen berupa tesobjektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Hasilanalisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensipengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuanmedia video animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secarakonvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman DenpasarSelatan Tahun Ajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan hasilnilai thitung = 2,825 > ttabel (ɑ=0,05, dk=75) = 1,992. Rata-rata gain skorternormalisasi kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimenyang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipescramble berbantuan media video animasi adalah X̅1= 0,309 > X̅2= 0,196kelompok kontrol yang dibelajarkan secara konvesional denganperbedaan sebesar 0,113. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media videoanimasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswakelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran2018/2019.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...