Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2019): April

PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKN SISWA KELAS V

Dewi, Md Ayu Candra (Unknown)
Asri, I Gusti Ayu Agung Sri (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita  Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 470 siswa. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh harga thitung = 8,239 > ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 68, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Hal ini membuktikkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara. Nilai rata-rata juga menunjukan bahwa kompetensi pengetahuan PPKn yang diperoleh siswa kelas eksperimen  siswa kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan model quantum teaching berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...