Kurangnya antusias siswa dalam menerima pembelajaran di kelas yang disebabkan karena kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga berpengaruh pada hasil belajar PPKn siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 300 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok sampel dipilih melalui teknik Cluster random sampling dan telah melewati uji kesetaraan terlebih dahulu, kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan kelompok kontrol jumlah 34 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post-test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varian. Rata-rata nilai post-test kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 82,44 dan kelompok kontrol yaitu 71,73. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 4,041 > ttabel = 2.000 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 64 sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving bermuatan tri hita karana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara.
Copyrights © 2020