Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)
Vol. 5 No. 2 (2022): JRPIPM APRIL 2022 VOLUME 5 NOMOR 2

Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Perbandingan Trigonometri

Viky Herlina Wati (STKIP PGRI Sidoarjo)
Lestariningsih Lestariningsih (STKIP PGRI Sidoarjo)
Risdiana Chandra Dhewy (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang membimbing siswa untuk terampil dan mandiri dalam menyelesaikan masalah melalui proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS-3 SMA Walisongo Gempol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini menggunakan one-shot case study, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun instrumen pada penelitian ini yakni: 1) lembar observasi aktivitas guru 2) lembar observasi aktivitas siswa 3) lembar soal tes hasil belajar 4) lembar angket respons siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa aktivitas guru memperoleh skor 3,8 sehingga dapat dikatakan sangat baik, aktivitas siswa memperoleh persentase  61% sehingga dapat dikatakan aktif, ketuntasan pembelajaran secara klasikal memperoleh skor 84,375 sehingga dapat dikatakan berhasil, dan angket respons siswa pada setiap indikatornya secara keseluruhan mendapat respons kuat dan sangat kuat, sehingga respons siswa memperoleh respons yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi perbandingan trigonometri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpipm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education both theory and practice. This Journal is published periodically twice a ...