Elementary: Islamic Teacher Journal
Vol 6, No 1 (2018): ELEMENTARY

PENERAPAN MODEL “BACA, TULIS, DAN BAGI” DALAM PENGUATAN LITERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAIN PAMEKASAN

Heni Listiana (STAIN Pamekasan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Model baca, tulis, dan bagi adalah sebuah model untuk mengetahui kegiatan literasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penerapan diari baca, diari menulis, dan diari berbagi. Dalam menggali data, penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasilnya penerapan ketiga diari tersebut diolah dengan menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian ada 37 orang mahasiswa. Dalam mengerapkan model baca, tulis, dan bagi pada penguatan literasi mahasiswa terdiri dari tiga tahapan: kesatu, persiapan kedua, pelaksanaan, dan ketiga adalah analisis. Dalam waktu 30 menit mahasiswa memiliki kemampuan rata-rata membaca 25 halaman. Dan kemampuan menulis mahasiswa dalam waktu 30 menit adalah 10 paragraf. Setiap mahasiswa dalam kegiatan berbagi dapat menyampaikan pada rata-rata 3 orang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ELEMENTARY Journal (Print ISSN: 2355-0155; Online ISSN: 2503-0256) is an Islamic teacher journal published by Islamic Elementary School Teacher Education Study Program (PGMI), Islamic Education (Tarbiyah) Department, State College on Islamic Studies (STAIN) Kudus. Elementary is published twice a ...