Product Design
Vol 3, No 1 (2014)

SISTEM PLAYGROUND UNTUK TK INKLUSI SEBAGAI TERAPI PERENCANAAN MOTORIK

Arief, Fadilah Husna ( Institut Teknologi Bandung)
Ihsan, Muhammad ( Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2014

Abstract

Pendidikan inklusif seharusnya mampu menyediakan pendidikan tanpa diskriminasi bagi seluruh murid, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK, sehingga mereka dapat bersekolah di TK inklusi. Berdasarkan observasi, anak-anak dengan autisme dan ADHD memiliki tingkat penerimaan lebih tinggi karena banyak dari mereka yang lebih mudah untuk diatur.Untuk memastikan siswa ABK dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana anak normal lainnya, mereka juga harus mengikuti sesi terapi di luar jam sekolah. Anak-anak dengan autisme dan ADHD banyak yang memiliki kesamaan dalam gangguan perencanaan motorik, sehingga banyak yang mengikuti terapi sensori-motorik atau fisiologi. Sementara itu, playground yang ada saat ini di TK inklusi belum cukup untuk melatih perencanaan motorik.Sebuah sistem playground dengan beragam jenis modul permainan dapat membantu siswa ABK, guru TK, dan terapis dengan menciptakan lebih banyak ragam aktivitas latihan perencanaan motorik. Produk yang bersifat semi-permanen ini juga didesain dengan mempertimbangkan aspek keamanan, ergonomi, dan kesenangan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal S1 FSRD Home Information for Author Template of Journal Editorial Board Contact Information User Username Password Remember me Journal Content Search Browse By Issue By Author By Title Other Journals Font Size Make font size smaller Make font ...