BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): JURNAL BIOTIK

IDENTIFICATION OF BIOLOGICAL EDUCATION STUDENT MISCONCEPTIONS THROUGH STUDENT TEACHING VIDEO ANALYSIS

Nursafiah Nursafiah (Unknown)
Fajar Okta Widarta (Universitas Syiah Kuala)
Ikhsan Ikhsan (Universitas Syiah Kuala)
Nazar Muhammad (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Mengetahui keberadaan miskonsepsi pada peserta didik adalah hal penting, apalagi pada mahasiswa calon guru. Pandemi Covid 19 membatasi aktivitas pembelajaran, sehingga dibutuhkan kreativitas pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan miskonsepsi mahasiswa melalui analisis video mengajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues yang memprogram mata kuliah pengajaran mikro tahun akademik 2020/2021 sebanyak 14 orang.  Setiap mahasiswa diminta membuat sebuah video rekaman mengajarnya berdurasi 20-30 menit. Video tersebut selanjutnya dianalisis untuk mengidentifikasi keberadaan miskonsepsi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 36% dari jumlah mahasiswa mengalami miskonsepsi, dimana materi sel merupakan materi dengan angka miskonsepsi tertinggi (60%). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa video rekaman mengajar mahasiswa dapat dijadikan instrumen untuk mengidentifikasi keberadaan miskonsepsi pada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biotik

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, in addition to critical examinations of biology ...