Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022): Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat

SOSIALISASI KESADARAN MASYARAKAT DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE UNTUK MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KELOMPOK PKK KELURAHAN PEKUNCEN

Dwi Edi Wibowo (Universitas Pekalongan)
Aditya Migi Prematura (Universitas Pekalongan)
Agung Aditya (Universitas Pekalongan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat bermitra dengan Kelompok PKK Perumahan Wirabaru 1, Kelurahan Pekuncen Kecamatan Wiradesa . Mitra merupakan komunitas yang memiliki anggota Ibu –ibu sebagai konsumen jual beli online. Dalam melakukan kegiatan juala beli online anggotanya terdiri dari ibu –ibu belum memahami hak dan kewajiban mereka sebagai konsumen dan upaya hukum yang harus mereka lakukan apabila ada kasus hukum dalam jual beli online tersebut.. Berdasarkan analisa situasi tersebut diatas, permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu pertama, belum tahu hak dan kewajiban konsumen dan upaya hukum apabila dirugikan. Dengan demikian, solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dilakukan sosialisasi & diskusi e-commerce beserta aspek hukumnya. Adapun metode kegiatan diawali dengan tahap persiapan, kemudian tahap pelaksanaan dan terakhir tahap pelaporan yang direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 bulan. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan program telah tercapai yaitu, konsumen dalam hal ini mitra yaitu kelompok PKK mengalami peningkatan pemahaman mengenai pentingnya e-commerce khususnya pemasaran online beserta aspek hukumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ruang-cendekia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and engagement . This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, trends, ...