Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 1 No 02 (2020): November

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis

Tira Selviana Putri (Universitas Mulawarman)
Muliati Syam (Universitas Mulawarman)
Laili Komariyah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar, hasil belajar kognitif, dan respon peserta didik pada model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 31 peserta didik di kelas XI IPA SMAN 1 Muara Pahu. Instrumen yang digunakan adalah observasi, soal tertulis, dan angket. Berdasarkan perhitungan, diperoleh bahwa persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik sebesar 71% dan berada pada kategori baik. Nilai rata-rata pre-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai sebesar 23, sedangkan untuk nilai rata-rata post-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66. Berdasarkan hasil analisis, respon peserta didik terhadap Project Based Learning (PjBL) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,47 dan berada pada kategori baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...