Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 2 No 2 (2021): November

Peningkatan Hasil Belajar Fisika dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021

Nadya Berliana Hidayati (Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)
Muliati Syam (Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)
Laili Komariyah (Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda dunia mempengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Perubahan metode pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran covid-19. Penelitian ini dilakukan pada saat masih mewabahnya covid-19 di dunia, sehingga melalui pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting sebagai pengganti sarana tatap muka, peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa walaupun harus berada dalam tempat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik MAN 1 Samarinda dalam pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 dengan jumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar peserta didik kemudian dianalisis menggunakan N-gain. Dari analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelas XI IPA 1 memperoleh N-gain 0,72 yang dimana masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata hasil belajar sebesar 78,92. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring menggunakan platform e-learning madrasah dan zoom cloud meeting. Selain itu, platform ini juga sesuai untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...