Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 3 No 1 (2022): April

Menumbuhkan Minat Siswa pada Fisika Selama Pandemi COVID-19 di SMA N 1 Jempang

Verina Lala Chrestella Paula (Unknown)
Laili Komariyah (Universitas Mulawarman)
Nurul Fitriyah Sulaeman (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa, kelas X SMAN 1 Jempang berbantuan media rumah belajar saat pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 JEMPANG dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa kelas X MIPA berbantuan media rumah belajar, 19 siswa masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 54,3% dan 16 siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 45,7% dengan nilai perindikator ketertarikan 67,33%, perhatian 71,67%, Motivasi Belajar 66,11% dan pengetahuan 65,00%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...