Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 9, No 2 (2021)

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI PRODUK AMANAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT KUTABUMI KABUPATEN TANGERANG MENGGUNAKAN PEGADAIAN SYARIAH

Zarin Muhammad Jabbar (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Khaeron Sirin (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang.Kata Kunci : Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian SyariahArtikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang. KataKunci:Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian Syariah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmd

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah ...