Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2 (2021): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Swasta Tunas Pelita Binjai

Nurliza Fahmi (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)
mulyono mulyono (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menemukan perangkat pembelajaran berkualitas yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, (2) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran pendekatan matematika realistik, (3) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, (4) Mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari nodek pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba dilakukan dengan tiga tahap yakni (1) uji validasi ahli; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian terhadap perangkat pembelajaran, dan lembar observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran, tes koneksi matematis, dan skala kemandirian belajar. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan menkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar. Analisis data keefektifan tes koneksi matematis dilaksanakan dengan cara menentukan persentase ketuntasan minimal, sedangkan skala kemandirian belajar ditinjau dari peningkatan belajarnya. Penelitian ini memperoleh perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, dan Buku Siswa. Masing-masing perangkat pembelajaran memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...