JURNAL LENTERA
VOL.12 NO.4 DESEMEBER 2012

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

dan Salihati, Aminah ( BPPM Umuslim)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2014

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antaraguru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelasmenjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannyasemaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknyapengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi. Salah satu modelpembelajaran yang sesuai dengan tujuan diatas adalah model pembelajaran Group Investigation.Pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran Group Investigation dapat membuatsiswa saling bekerjasama dan berinteraksi antar siswa dalam kelompok tanpa memandang latarbelakang. Model pembelajaran Group Investigation juga dapat memotivasi dan mendorong siswaagar aktif dalam proses belajar melalui tahap pertama sampai tahap akhir pelajaran. Berdasarkanpenelitian-penelitian tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation, didapat bahwamodel pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar.Kata kunci: Prestasi belajar, Model Group Investigation

Copyrights © 2012