QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

PENGEMBANGAN E-QUIZ PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP

Ayu Amaliana Dewi (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Sulasfiana Alfi Raida (Institut Agama Islam Negeri Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk E-Quiz yang digunakan sebagai instrumen penilaian dan mempermudah guru dalam proses penilaian selama pembelajaran daring.  Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti dengan 8 langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu Potensi dan masalah, Pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji operasional lapangan. Data dikumpulkan melalui teknik non-tes (Angket ahli media; angket respon guru dan angket respon siswa). Subjek uji coba dilakukan pada 31 siswa Kelas VII G di SMP 2 jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa selama ini guru menggunakan Google Form sebagai media penilaian selama pembelajaran daring (2) Penelitian ini menghasilkan produk berupa E-Quiz yang digunakan sebagai instrumen penilaian yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli media dengan persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori “Valid”.  (3) Respon guru dengan rata-rata persentase sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh dari angket respon siswa sebesar 85% dengan kategori “sangat praktis”. Sehingga Instrumen penilaian E-Quiz yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian khususnya pembelajaran daring pada materi ekosistem karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...