Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 2 No 2 (2014)

STUDI KOMPARASI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR FADLILA (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2014

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran langsungdi kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2013/2014 pada materi laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan randomized pretest posttest-only control group desain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen 64.63 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 61,75. Untuk hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,75, sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 83,88. Berdasarkan perhitungan uji t independent sample test untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa taraf signifikansinya (0,001) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa taraf signifikansinya (0,011) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: STAD, Model Pembelajaran Langsung, Motivasi dan Hasil Belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...