Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 3 No 2 (2015)

PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI

YULI RAHMAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2015

Abstract

Minat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang dapat mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diantaranya adalah kondisi ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kondisi ekonomi orang tua, lingkungan sekolah, dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMKN 10 Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 113 siswa kelas XII Akuntansi. Sampel penelitian berjumlah 88 reponden dengan tingkat kesalahan 5%) yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan sebelumnya telah diuji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari kondisi ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMKN 10 Surabaya. Secara simultan, sebesar 80,4% minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, lingkungan sekolah, dan prestasi belajar, sedangkan 19,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi ekonomi orang tua, lingkungan sekolah, dan prestasi belajar berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata Kunci: ekonomi orang tua, lingkungan sekolah, prestasi belajar, minat, pendidikan, perguruan tinggi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...