Perkembangan aktivitas kognitif siswa melalui keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil Peneliitian menunjukkan secara simultan bahwa 83,3% hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dipengaruhi oleh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill. Sedangkan 16,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Secara parsial pengaruh planning skill didapatkan thitung>ttabel sebesar 4.245>1.9925, manajemen strategi informasi sebesar 5.206 > 1.9925, monitoring skill sebesar 5.303 > 1.9925, debugging strategy sebesar 3.286 > 1.9925, dan evaluating skill sebesar 2.647 > 1.9925. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi secara simultan maupun parsial. Kata Kunci: kognitif, metakognitif, hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015