Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 6 No 2 (2018)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH SEMESTER I KELAS XI PERBANKAN SYARIAH DI SMK NEGERI 2 MOJOKERTO

RIZKHA AGUSTIN NUR RAAFI (Unknown)
LUQMAN HAKIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2018

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar pada maata pelajarn prodku syariah berbasis saintifik kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto agar mampu mewujudkan peningkatan motivasi belajar, penguasaan konsep materi dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar produk syariah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. Model yang diterapkan merupakan model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Metode penelitian yang diterapkan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa,dan kelayakan kegrafikan dari proses pengembangan memperoleh persentase masing-masing sejumlah 86,4%, 88,4%, 88,5%, 87,6% dengan rata-rata kelayakan 87,7%. Sedangkan respon siswa diperoleh 88,2%. Dengan demikian, buku ajar mata pelajaran produk syariah berbasis saintifik dinyatakan sangat layak digunakan untuk bahan ajar dalam peningkatan penguasaan konsep materi dan pemahaman siswa kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 2 Mojokerto pada mata pelajaran produk syariah. Kata Kunci: Buku ajar, saintifik, produk syariah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...