Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 6 No 3 (2018)

Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Scientific Approach

NINDA DWI AGISTA (Unknown)
LUQMAN HAKIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini menghasilkan lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dengan mengetahui respon pada peserta didik di SMK Negeri 1 Lamongan dan SMK Muhammadiyah Lamongan serta bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan. Model pengembangan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4-D (Four D Models), yakni define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sebatas pada tahap develop saja. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket terbuka dan angket tertutup. Hasil pengembangan memperlihatkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis lembar kegiatan peserta didik yang didapatkan dari penilaian para ahli diperoleh dengan rata-rata kelayakan sebesar 80,25% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap kelayakan LKPD akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach didapatkan persentase sebesar 88,88% dengan kriteria sangat memahami. Dengan demikian, lembar kegiatan peserta didik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis scientific approach dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar pendukung dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Akuntansi Perbankan Syariah, Scientific Approach.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...