Jurnal Pencerahan
Vol 8, No 1 (2014): Maret 2014

EFEKTIFITAS MODEL JIGSAW II DALAM MENINGKATKAN KEAHLIAN BERKOMUNIKASI, SIKAP DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ACEH

Nazaruddin Ali Basyah (Unknown)
Muhammad Hussin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pembelajaran koperatif Model Jigsaw II dalam meningkatkan keahlian berkomunikasi, sikap dan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Sebanyak 60 orang siswa Kelas XI dari sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aceh dipilih sebagai sampel dalam kajian ini. Instrumen kajian adalah kuesioner dan ujian esei pencapaian. Hasil menunjukkan bahwa nilai Alfa Cronbach bagi semua konstruk keahlian berkomunikasi dan sikap terhadap mata pelajaran ekonomi berada pada tingkat kepercayaan yang tinggi, yaitu antara 0,848 dan 0,817. Analisis statistik inferensi yaitu ujian-t, one-way analysis of variance (ANOVA), Korelasi Pearson dan Regresi digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikan p 0,05, dengan menggunakan Program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil kajian uji-t, ANOVA, regresi dan korelasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keahlian berkomunikasi siswa dan sikap terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pencerahan adalah jurnal bidang pendidikan yang meliputi semua aspek pendidikan pada semua tingkatan pendidikan baik formal maupun non formal. Jurnal ini diterbitkan bersama oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh dan Universitas Syiah Kuala, terbit dua nomor setiap tahun pada tiap Bulan ...