Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas pembelajaran koperatif Model Jigsaw II dalam meningkatkan keahlian berkomunikasi, sikap dan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Sebanyak 60 orang siswa Kelas XI dari sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aceh dipilih sebagai sampel dalam kajian ini. Instrumen kajian adalah kuesioner dan ujian esei pencapaian. Hasil menunjukkan bahwa nilai Alfa Cronbach bagi semua konstruk keahlian berkomunikasi dan sikap terhadap mata pelajaran ekonomi berada pada tingkat kepercayaan yang tinggi, yaitu antara 0,848 dan 0,817. Analisis statistik inferensi yaitu ujian-t, one-way analysis of variance (ANOVA), Korelasi Pearson dan Regresi digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikan p 0,05, dengan menggunakan Program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil kajian uji-t, ANOVA, regresi dan korelasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keahlian berkomunikasi siswa dan sikap terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Copyrights © 2014