Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020

Implementasi Manajemen Perpustakaan di SD Negeri Candi Tunggal Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

Imam Mohtar (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Manajemen perpustakaan sekolah merupakan segala proses dalam mengoptimalkan material, kontribusi berbagai sumber daya dan anggrana dalam mewujudkan tujuan perpustakaan yang telah disepakati. Kegiatan manajemen perpustakaan ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Candi Tunggal kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Pendekatan penelitian ini termasuk kedalam pendekatan kualitatif dengan mengambil 3 orang sebagai informan yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan dan bagian tata usaha perpustakaan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan cendela ilmu di SDN Candi tunggal telah memiliki visi, misi tujuan, prosedur, kebijakan, strategi aturan yang jelas, sederhana, menyenangkan dan mudah dimengerti. Dana didapatkan dari dana BOS yang dialihkan sebesar 20% untuk pengembangan perpustakaan. Struktur organisasi kepala perpustakaan, tata usaha dan bagian pelayanan membaca. Pelaksanaan manajemen perpustakaan cendela ilmu sangat ditentukan koordinasi dalam pengolahan perpustakaan. Pelaksanaan juga meliputi proses peminjaman, pengembalian dan kewajiban dalam mematuhi peraturan yang telah ditentukan. Pengendalian manajemen perpustakaan meliputi pelaporan yang dilakukan perminggu didalam rapat dan persemester.

Copyrights © 2020