cover
Contact Name
Wildan Saugi
Contact Email
jtikborneo@gmail.com
Phone
+6285327884670
Journal Mail Official
jtikborneo@gmail.com
Editorial Address
Jl. HM. Rifaddin Kampus II IAIN Samarinda, Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
ISSN : -     EISSN : 27146030     DOI : https://doi.org/10.21093/jtikborneo
Core Subject : Education,
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo adalah jurnal bidang pendidikan yang konsen terhadap isu-isu pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 131 Documents
Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran Fiqoh Materi Shalat Berjamaah pada Siswa Kelas VII MTs Noor Iman Samarinda Abdul Waris
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), Februari 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.72 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i1.1720

Abstract

Penggunaan metode role playing berdampak positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi fiqih sebelumnya, oleh karena itu untuk mengetahui sebab dampak positif dalam penerapan metode role playing pada mata pelajaran fiqih, peniliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan metode pembelajaran role playing sebagai teknik belajar pada materi pokok Shalat berjamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran fiqih materi Shalat Berjamaah pada siswa kelas VII MTs Noor Iman Samarinda. Metodeyang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dari penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode role playing di MTs Noor Iman  pada siswa kelas VII terdiri dari tiga tahapan yaitutahapan satu persiapan dan instruksi, tahapan dua tindakan dramatik dan diskusi, dan tahapan tiga evaluasi bermain peran. Tahapan satu adalah persiapan dan instruksi yang meliputi problem atau dilema guru fiqih sebelum menerapkan metode role playing, persiapan sebelum menerapkan metode role playing, dan instruksi dari guru. Tahapan dua adalah tindakan dramatik dan diskusi yang meliputi guru menetapkan pengamat, situasi yang membuat permainan peran diberhentikan sejenak, dan sikap guru ketika terdapat siswa yang tidak aktif dalam diskusi. Tahapan tiga adalah evaluasi bermain peran yang meliputi hasil pemaparan diskusi siswa, penilaiain keefektivitasan penerapan metode role playing, dan catatan guru tentang metode role playing yang telah dilaksanakan.
Pemetaan Kawasan Penelitian Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana IAIN Samarinda Ahmad Riyadi; Siti Maulidah; Muhammad Nur
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), Februari 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.074 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i1.1721

Abstract

This study originated from the study of Islamic Education in the Samarinda States Islamic Institute’s Postgraduate Program. It has been carried out since the establishment of the Master Program in the concentration of Islamic Education, and has produced many works in the from on Thesis. Thesis is a work which is recognized by its scholarship, is a representation of studies from the field of knowledge. Especially for the Thesis in the field of Islamic Education, until 2017 and has been inventory and entered the library database of Samarinda State Islamic Institute, as many as 70 thesis. From the survey data above, there are several studies in the field of Islamic Religious Education that are still general in nature, not yet able to provide an in-depth overview of Islamic education studies. In the absence of sufficient sources to provide information on the study of Islamic Education in the Samarinda State Islamic Institute Graduated Program, it is not impossible that the same research will occur on a subject that has been carried out by someone else. While from the other side, the research domain or focus in the field of science can provide information and an overview of the direction of Islamic Education studies and their relationship with other disciplines. Therefore, it is necessary to conduct further studies and research on how to map the study of Islamic Education in Samarinda State Islamic Education in the Samarinda State Islamic Institute’s Postgraduate Program. This type of research is a mixed research. The approach in this multidisciplinary by using bibliometric analysis.
Efektivitas Model Pembelajaran Role Model dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV di SD IT Insan Karim Samarinda Seberang Mariya Ulfah; Dwi Nur Aini Dahlan
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), Februari 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.419 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i1.1723

Abstract

This research begins with the results of an initial survey of researchers who observed during the teaching and learning process, the lecture method is still dominantly used by teachers, this method especially in Indonesian language lessons can make students in the learning process become less active and less optimal in student understanding. This can be seen from the results of learning and student test scores that are still below the Minimum Completion Criteria and sometimes students always ask the teacher for drama so that the lesson is more understanding. The purpose of the study was to determine the effectiveness of role playing models in improving student learning outcomes in Indonesian language lessons in class IV SDIT Insan Karim Samarinda Seberang. This research is a quantitative descriptive research with one group pretest posttest design research, data analysis using Wilcoxon test. The results obtained from this study are the mean pre-test of 81.8 (there are 3 out of 10 children who have not been completed), the mean post-test of 94.4 (all completed). Hypothesis test results have a significant value of 0.018 <0.05. Findings in the field that role playing learning models make students able to understand and remember the material being taught. Students deliver sentences that are easily understood by their friends, then students become active while the question and answer process takes place. The obstacle is that some groups that have not yet performed their drama, are not focused on watching the appearance of their friends who are performing.
Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda Nadya Ninda Ramadhanti; Siti Julaiha
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), Februari 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.546 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i1.1724

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Sudut Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriftif kualitatif yang berdasarkan tempat penelitian termasuk penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah Kepala Madrasah, koordinator kurikulum, guru, dan beberapa siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengikuti model langkah-langkah yang digunakan Miles dan Huberman yaitu dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data
Stimulasi Motorik Halus pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di Paud Jannatul Athfal Samarinda Paujiah Paujiah
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), Februari 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.949 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i1.1730

Abstract

Perkembangan motorik adalah perubahan yang terjadi pada gerak anggota tubuh yang berhubungan dengan pusat syaraf, syaraf, dan otak yang diperoleh melalui interaksi dengan lingkungan dan faktor kematangan anak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di  PAUD Jannatul Athfal Samarinda.. Jenis penelitian ini adalah penelitian riset dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, dan murid di PAUD Jannatul Athfal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di  PAUD Jannatul Athfal Samarinda melalui berbagai kegiatan antara lain: pertama, mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan kegiatan menggunting, cara ini digunakan agar anak fokus dalam melaksanakan kegiatan menggunting, kedua, mengontrol tangan menggunakan otot halus melalui gerakan memegang gunting menggunakan jari-jari anak ketiga, menjiplak gambar yaitu anak  menggunting sesuai dengan pola-pola yang disediakan, keempat, mengekspresikan diri melalui karya seni dengan berbagai media, anak akan menggunting beberapa pola yang disediakan dan menempelkannya sebagai hasil karya menggunting anak.
Analisis Kandungan Serat Kasar dalam Selai Cempedak yang Diperam Secara Tradisional dengan Diperam Menggunakan Karbid Dwi Nur Aini Dahlan
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.457 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i2.2018

Abstract

Buah cempedak merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat makanan. Teknologi pemeraman buah cempedak diduga memiliki dampak terhadap kandungan serat kasar terutama ketika diolah menjadi selai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pemeraman yang tepat untuk menghasilkan selai cempedak yang mengandung serat kasar positif untuk mendapatkan mutu terbaik selai cempedak. Analisis data menggunakan uji One Way Anava dengan bantuan SPSS statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang nyata dengan nilai signifikansi 0.55 pada kandungan serat kasar antara selai cempedak yang diperam secara tradisional dengan cempedak yang diperam dengan menggunakan karbit. Kandungan serat kasar selai cempedak yang diperam secara tradisional (nilai rata-rata: 0.75) lebih tinggi dibandingkan selai cempedak yang diperam dengan menggunakan karbit (nilai rata-rata: 0.49)
Implementasi Manajemen Perpustakaan di SD Negeri Candi Tunggal Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan Imam Mohtar
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.651 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i2.2026

Abstract

Manajemen perpustakaan sekolah merupakan segala proses dalam mengoptimalkan material, kontribusi berbagai sumber daya dan anggrana dalam mewujudkan tujuan perpustakaan yang telah disepakati. Kegiatan manajemen perpustakaan ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Candi Tunggal kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Pendekatan penelitian ini termasuk kedalam pendekatan kualitatif dengan mengambil 3 orang sebagai informan yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan dan bagian tata usaha perpustakaan. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan cendela ilmu di SDN Candi tunggal telah memiliki visi, misi tujuan, prosedur, kebijakan, strategi aturan yang jelas, sederhana, menyenangkan dan mudah dimengerti. Dana didapatkan dari dana BOS yang dialihkan sebesar 20% untuk pengembangan perpustakaan. Struktur organisasi kepala perpustakaan, tata usaha dan bagian pelayanan membaca. Pelaksanaan manajemen perpustakaan cendela ilmu sangat ditentukan koordinasi dalam pengolahan perpustakaan. Pelaksanaan juga meliputi proses peminjaman, pengembalian dan kewajiban dalam mematuhi peraturan yang telah ditentukan. Pengendalian manajemen perpustakaan meliputi pelaporan yang dilakukan perminggu didalam rapat dan persemester.
Studi Analisis Program Pojok Baca Dalam Menstimulasi Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Tahun Ajaran 2019-2020 Setiawati Setiawati; Muchammad Eka Mahmud
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.551 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i2.2311

Abstract

Pentingnya membaca dalam gerakan literasi sekolah. Fenomena permasalahan keadaan sekolah yang kurang menstimulus minat baca siswanya, terkhusus di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad. Diterapkannya program pojok baca diharapkan mampu  memupuk, menumbuhkan minat dan konsistensi siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menstimulasi minat baca dalam implementasi program pojok baca,  faktor penghambat dan faktor pendukung program tersebut. Jenis pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa di MI Darul Da’wah Wal Irsyad. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data memakai teknik penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa program pojok baca dilakukan melalui 2 tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan: Perencaanaan yang dilakukan yaitu menyusun program pojok baca langkah yang dilaksanakan adalah tim menyusun program pojok baca dengan kepala sekolah memberikan fasilitas seperti buku, perpustakaan, dan ruang baca. Pelaksanaan pengadaan pojok baca dilakukan di setiap sudut ruang kelas, dan ruang tunggu orang tua, pemanfaatan sudut baca dalam proses pembelajaran, jam kegiatan membiasakan membaca, wajib baca, memberikan lingkungan yang nyaman untuk membaca, penyediaan koleksi bahan pustaka, tata kelola pojok baca setiap akhir pembelajaran, KBM yang di kolaborasikan dengan kegiatan program pojok baca, peran guru dalam kegiatan membaca. Faktor pendukung diantaranya: lingkungan yang nyaman untuk membaca, pengadaan rak buku, meja kecil dan hiasan yang dibuat oleh anak-anak, pengadaan buku bacaan yang variatif, juga adanya jadwal baca anak di pojok baca. Faktor penghambat antara lain: guru kelas lupa dengan jam kebiasaan membaca, jarang mengkolaborasi pembelajaran dengan program pojok baca, dan kurangnya ketersediaan buku sehingga kadang menjadi rebutan.
Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang) Nur Rasyidatul Muqit Telda; Rika Wahyuni; Dida Alifvia Mutiara Fajar Devega; Suratman Suratman
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.848 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i2.2313

Abstract

Sistem Boarding pada SMA IT DHBS Bontang mengedepankan konsep pendidikan yang memiliki pemikiran modern yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan perkembangan zaman. Dengan hadirnya sistem Boarding School sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas siswa dan kualitas pembelajaran ditengah krisis multidimensional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Sistem Boarding School diharapkan mampu menjadi solusi alternatif untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskrpitif. Di sini peneliti memakai observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, kemudian data yang sudah dikumpulkan di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem Boarding School yang digunakan di SMA IT DHBS Bontang merupakan penerapan nilai-nilai religius yang didasarkan kepada paradigma Islam Terpadu (IT) yang diimplementasikan pada Visi dan Misi serta tujuan dari Yayasan Asy Syaamil yang termasuk didalamnya SMA IT DHBS. Pengamatan Visi dan Misi tersebut diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan di SMA IT DHBS Bontang dalam bentuk pendidikan dan pembinaan Islam, didalam kelas, maupun di asrama, sholat berjamaah baik wajib maupun sunnah, puasa sunnah, Doa, Dzikir Al Ma’tsurat bersama, Muhadharah dan Pembinaan Akhlak Islami. Hal ini akan berpengaruh terhadap karakter bagi siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Kirigami untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Genetik Siti Anggraini
Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020
Publisher : UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.73 KB) | DOI: 10.21093/jtikborneo.v1i2.2315

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep pengembangan perangkat pembelajaran materi genetik  dengan menggunakan  kirigami untuk siswa kelas XII program IPA dan (2) pengaruh implikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian  menggunakan kirigami terhadap prestasi belajar  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang  dilakukan  di SMAN 1 Bantur Kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (four-D Model) yang terdiri dari; pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan diseminasi  (dissemination). Produk dalam bentuk perangkat pembelajaran yang dihasilkan diuji validitasnya melalui beberapa tahap validasi yaitu (1)  validasi oleh ahli desain pembelajaran, (2) validasi oleh ahli bahasa; (3) validasi oleh praktisi pembelajaran, (4)  uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba utama.  Jenis data  yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang dihimpun  yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) setelah melalui uji validasi dan uji coba kelompok kecil, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran; (2) berdasarkan hasil uji coba utama diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian menggunakan kirigami dapat meningkatkan prestasi belajar  siswa dalam materi genetik.

Page 1 of 14 | Total Record : 131