Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020

Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang)

Nur Rasyidatul Muqit Telda (IAIN Samarinda)
Rika Wahyuni (IAIN Samarinda)
Dida Alifvia Mutiara Fajar Devega (IAIN samarinda)
Suratman Suratman (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Sistem Boarding pada SMA IT DHBS Bontang mengedepankan konsep pendidikan yang memiliki pemikiran modern yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan perkembangan zaman. Dengan hadirnya sistem Boarding School sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas siswa dan kualitas pembelajaran ditengah krisis multidimensional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Sistem Boarding School diharapkan mampu menjadi solusi alternatif untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskrpitif. Di sini peneliti memakai observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, kemudian data yang sudah dikumpulkan di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem Boarding School yang digunakan di SMA IT DHBS Bontang merupakan penerapan nilai-nilai religius yang didasarkan kepada paradigma Islam Terpadu (IT) yang diimplementasikan pada Visi dan Misi serta tujuan dari Yayasan Asy Syaamil yang termasuk didalamnya SMA IT DHBS. Pengamatan Visi dan Misi tersebut diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan di SMA IT DHBS Bontang dalam bentuk pendidikan dan pembinaan Islam, didalam kelas, maupun di asrama, sholat berjamaah baik wajib maupun sunnah, puasa sunnah, Doa, Dzikir Al Ma’tsurat bersama, Muhadharah dan Pembinaan Akhlak Islami. Hal ini akan berpengaruh terhadap karakter bagi siswa.

Copyrights © 2020