Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), Oktober 2020

Eksistensi Kurikulum Diniyah Santri Asrama Ali Bin Abi Thalib di SMP IT Madina Samarinda

Suratman Suratman (IAIN Samarinda)
Mohamad Andas (IAIN Samarinda)
Syahril Syahril (IAIN Samarinda)
Putra Hadi (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Asrama Ali bin Abi Thalib merupakan asrama yang dikhususkan untuk santri yang baru menempuh jenjang SMP, namun mampu menjadi asrama terbaik dua mengalahkan santri yang sudah lebih lama berada di pondok tersebut. Mengetahui eksistensi kurikulum Diniyah di Asrama Ali bin Abi Thalib di SMP IT Madina Samarinda merupakan inti dari tujuan penelitian ini. Penelitian ini berlangsung dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan menjadikan kepala pondok madina dan wali asrama atau musyrif asrama Ali bin Abi Thalib sebagai subjek penelitian. Data pada penelitian ini didapatkan melalui pengamatan, Tanya jawab dengan pihak terkait, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisa data pada penilitian ini menggunakan model Miles Huberman yaitu penyaringan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Kurikulum asrama Ali bin Abi Thalib telah eksis sebagai sebuah program yang membimbing dan mengarahkan santri asrama Ali bin Abi Thalib serta menjadi pedoman kegiatan asrama yang telah mengantarkan mereka menjadi pribadi yang berkarakter dan mengantarkan mereka sebagai asrama terbaik.

Copyrights © 2020