Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
Vol 10, No 1 (2022): April

Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan

Yustinus Sanda (STKPK Bina Insan Samarinda)
Warman Warman (Universitas Mulawarman Samarinda)
Agustina Pitriyani (SMP N 11 Samarinda)
Yesepa Yesepa (STKPK Bina Insan Samarinda)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus fenomenologi dan pendekatan yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta serta mengeksplorasi upaya peningkatan mutu Perguruan Tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan diawali dengan membuat perencanaan rekrutmen SDM berdasarkan assessment kebutuhan dan menentukan prioritas rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan, proses rekrutmen, sistem kontrak kerja, pembinaan dan pengembangan, dan penilaian kinerja. Sedangkan upaya peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dilakukan dengan memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan studi lanjut pada perguruan tinggi nasional dan internasional, memberikan pelatihan dan pengembangan diri sesuai dengan profesi pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat lokal dan nasional, serta memfasilitasi pendidik (dosen) melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational ...