Education is one way to produce capable and skilled human beings. The education curriculum wants students' achievement competencies to meet the cognitive, affective, psychomotor domains in every learning process. However, the community paradigm that uses the cognitive domain as the basis for student success makes most of the education in conventional-based schools that focuses on the cognitive domain only. This makes students' abilities in the psychomotor realm not appear. Psychomotor skills will emerge by inviting students to work actively in learning. One way that teachers can do is to use student worksheets (LKS). This study aims to train students' psychomotor skills using LKS. The results showed that students' psychomotor skills can be trained well if repeated learning is carried out using LKS.Keywords: Psychomotor skills, LKS, students.ABSTRAKPendidikan merupakan salah satu cara untuk menghasilkan manusia yang berkemapuan dan juga berketarampilan. Kurikulum pendidikan menginginkan kompetensi capian siswa memenuhi ranah kognitif, afektif, psikomotorik dalam setiap proses pembelajaran. Akan tetapi, paradigma masyarakat yang menjadikan ranah kognitif sebagai dasar keberhasilan siswa membuat sebagian besar pendidikan di sekolah berbasis konvensional yang menitikberatkan pada ranah kognitif saja. Hal ini menjadikan kemampuan siswa pada ranah psikomotorik tidak muncul. Keterampilan psikomotorik akan muncul dengan mengajak siswa bekerja aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan psikomotorik siswa dengan menggunakan LKS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan psikomotorik siswa dapat dilatih dengan baik jika dilakukan pembelajaran berulang-ulang menggunakan LKS.Kata kunci: Keterampilan psikomotorik, LKS, siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022