Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA PADA INDIKATOR REASON DAN INFERENCE MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Shindy Ekawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Lidya Guawan (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa SMP Negeri Satap Paccerakang pada indikator Reason dan Inference melalui pendekatan Realistic Mathematic Education pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Paccerakang yang berkategori pengguna, pelajar dan pemula. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan awal berpikir kritis matematis, (2) pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kategori tinggi yaitu terletak pada indikator Reason, kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori sedang yaitu terletak pada indikator Inference, dan kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa dengan kategori rendah tidak mecapai salah satu indikator manapun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...