Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MIA 2 MA DARUSSALAM BARANDASI

Khaerani Khaerani (Universitas Muslim Maros)
Syamsuriyawati Syamsuriyawati (Universitas Muslim Maros)
Muh. Arif (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darusslam Barandasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIA 2 MA Darussalam Barandasi . Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest- posttest design. Teknik pengumpulan data dengan menguunakan tes, angket serta lembar observasi. Data hasil penelitian terlebih dahulu dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, selanjutnya uji one sample t-test dan uji n- gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar, respon dan aktivitas peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik berada pada kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...