Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol. 16 No. 1 (2013)

Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Yuli Prayitno (Unknown)
Muhammad Sasmito Djati (Unknown)
Soemarno Soemarno (Unknown)
Zaenal Fanani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara kepedulian lingkungan dengan model pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Subyek penelitian adalah 88 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepedulian lingkungan dan tes pemahaman paradigma pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada korelasi positif signifikan antara sikap peduli lingkungan, perilaku peduli lingkungan dengan pengetahuan paradigma pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Hal ini mengindikasikan bahwa kepedulian lingkungan memiliki kesamaan dengan paradigma pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dapat dilaksanakan melalui pendidikan yang berperspektif lingkungan. Saran yang diajukan kepada para Kepala sekolah adalah penerapan pendidikan peduli lingkungan sebagai best practices di SMK Negeri. Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kabupaten disarankan untuk mengkaji lebih mendalam tentang fokus pencapaian tujuan pengelolaan dan perlindungan terhadap kelestarian lingkungan hidup melalui pendidikan. Kata kunci: Kepedulian lingkungan, pembangunan berkelanjutan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

wacana

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

This journal has a focus on inter and multidisciplinary studies of social sciences and humanities. The scope is the socio-cultural phenomenon, the history, and transformation of society, changes, and stagnation of socio-political institutions, actor orientation, and behavior, the performance of ...