Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol. 16 No. 4 (2013)

Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dalam Mencapai Kualitas Pelayanan Publik yang Optimal

Trenda Aktiva Oktariyanda (Unknown)
Soesilo Zauhar (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)
Siti Rochmah (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam Pencapaian Kualitas Pelayanan Publik yang Optimal yang dilaksanakan pada BPPT Kabupaten Sidoarjo. Selama ini di benak masyarakat, bahwa kualitas pelayanan IMB kurang dan proses birokrasinya terkesan rumit, dan kurang optimal. Dengan begitu, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pelayanan IMB dalam rangka mencapai kualitas pelayanan publik yang optimal. Fokus penelitian ini adalah pelayanan perijinan IMB dalam pencapaian kualitas pelayanan publik yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pelaksanaan pelayanan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, berupa dokumen, arsip dan literatur yang berhubungan dengan pelayanan IMB dan kualitas pelayanan publik pada BPPT Sidoarjo. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPPT Kabupaten Sidoarjo pada pelaksanaan pelayanan IMB dalam rangka mencapai kualitas pelayanan publik sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya optimalisasi kualitas pelayanan publik, seperti SDM dan sarana prasarana. Kesimpulan penelitian bahwa pelayanan IMB pada BPPT Sidoarjo sudah dilakukan dengan baik, meskipun ada beberapa aspek yang kurang optimal. Saran peneliti bahwa pelayanan yang diberikan BPPT Kabupaten Sidoarjo, terutama pada pelayanan IMB kepada masyarakat harus lebih baik, lebih profesional, selalu efektif, efisien, dan ekonomis, serta kendala-kendala yang dihadapi harus diminimalisir agar terciptanya peningkatan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih optimal. Kata kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Izin Mendirikan Bangunan

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

wacana

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

This journal has a focus on inter and multidisciplinary studies of social sciences and humanities. The scope is the socio-cultural phenomenon, the history, and transformation of society, changes, and stagnation of socio-political institutions, actor orientation, and behavior, the performance of ...