Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 7 No. 2 (2018): Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Karakter pada Buku Teks Reading di Perguruan Tinggi Swasta

Sesmiyanti Sesmiyanti (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Rindilla Antika (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Yulmiati Yulmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2018

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa eksistensi dari nilai pendidikan karakter pada buku teks yang digunakan pada mata kuliah Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah dosen yang telah dan mengajar pada mata kuliah Reading dan mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah tersebut. Objek dari penelitian ini adalah buku teks yang digunakan pada mata kuliah Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat. Berdasarkan hasil interview diketahui bahwa buku teks yang digunakan tersebut belum mengandung nilai pendidikan karakter yang harus dipelajari dan dibutuhkan oleh mahasiswa. Buku teks tersebut hanya mengandung sembilan nilai pendidikan karakter dari 18 nilai yang terdapat pada Permendikbud tersebut. Nilai karakter yang terdapat dalam buku teks Reading adalah religius, jujur, kreatif, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku reading yang telah digunakan di jurusan bahasa Inggris di Sumatera Barat belum sepenuhnya mengandung nilai pendidikan karakter. Kata kunci: Pendidikan karakter, buku teks reading, analisa kebutuhan Abstract The aim of this research is to analyze the existence of character education which is included in the textbook used in Reading subject at STKIP PGRI Sumatera Barat. This research is qualitative research which the data were collected through interview. Subject of this research is the lecturers who have taught Reading subject and the students who have complied that subject. The object of this research is the textbook used in Reading subject at STKIP PGRI Sumatera Barat. Based on interview results, it is known that the textbook used in Reading subject does not have character education contents which is needed and learnt by the college students. The textbook used only have nine out of eighteen characters mentioned in Permendikbud No49Tahun2014. They are, religius, honest, creative, independent, hardwork, curiosity, fond of reading, social care and responsible. It can be concluded that the reading textbook used at English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat has not indicated the use of characters educational values yet. Keywords: character education, reading textbook, need analysis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pena

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra is a review journal that can be used as a place for publication of innovative research-research in the field of teaching and learning of language and literature. More specifically some fields that are relevant to the aims and scope of the Pena: Jurnal ...