Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM CERPEN “GURU” DAN “MAAF” KARYA PUTU WIJAYA SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Fisye F Angginaloy (Universitas Negeri Manado)
Wimsje R Palar (Universitas Negeri Manado)
Nontje J Pangemanan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya dan mendeskrispsiskan implikasi hasil penelitian nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen yang berjudul “Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah dua cerpen karya Putu Wijaya yakni “ Guru” dan “Maaf”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam cerpen “Guru” adalah religius, persaudaraan/komunikatif, dan cinta kasih. Nilai didaktis yang terdapat dalam cerpen “Maaf” karya Putu Wijaya adalah: (1) memiliki pendirian yang kuat, (2) kejujuran, dan (3) mandiri. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pembelajaran sastra di sekolah. Nilainilai didaktis dalam cerpen Guru” dan “Maaf” karya Putu Wijaya selaras dengan delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendikbud dalam Kurikulum 2013.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...