Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis bahan ajar dan model pembelajaran apa yang dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem peredaran darah. Analisis kebutuhan dilakukan pada 3 SMA yang ada di Palembang, yaitu SMA Negeri 4 Palembang, SMA Negeri 9 Palembang, dan SMA Negeri 19 Palembang. Dimana pada masing-masing SMA diambil perwakilan 2 kelas XII IPA dengan jumlah siswa pada tiap kelas sebanyak 35 sampai 36 peserta didik. Instrument yang digunakan berupa lembar angket guru berjumlah 28 pertanyaan dan lembar angket peserta didik berjumlah 15 pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dari ketiga SMA Negeri di Palembang, disimpulkan bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan ajar LKPD berbasis model PBL yang berformat elektronik untuk materi sistem peredaran darah. Keywords: Bahan ajar, Keterampilan pemecahan masalah, PBL, Sistem peredaran darah
Copyrights © 2022