Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan penelitian Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kecerdasan Emosional siswa di SD Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan emosional siswa di SD Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket (kuesioner) dalam mendapatkan dan mengumpulkan data. Terdapat 34 item pertanyaan dalam angket tersebut. Jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Dari penelitian ini dapat dilihat Kecerdasan Emosional Siswa dipengaruhi oleh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, dengan persamaan regresi yang terdapat pada penelitian ini adalah Y = 30.428 + 0.507 X.. Signifikansinya teriihat dari t hitung sebesar 3.071 dan nilai t tabel (df=32-2) adalh 2.0422 sehingga t hitung > t tabel (3.071>2.0422) dan Sig < 5% (0.005 < 0.05). Melalui uji R2, dapat diketahui Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukmanul Hakim Gorontalo dipengaruh oleh variabel Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka sebesar 23.9%, sedangkan sisanya 76.1% Kecerdasan Emosional Siswa ditentukan oleh faktor lain.
Copyrights © 2021