Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 2 No. 3 (2019): October

ANALISIS “SCIENCE MOTIVATION” SISWA SD SE-KECAMATAN PULOKULON, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Dewi Anjarsari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia)
Rofian Rofian (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Science Motivation siswa SD Se- Kecamatan Pulokulon Tahun Ajaran 2018/ 2019 ditinjau dari aspek Science Motivation Quesionare ( SMQ) Berdasarkan Kemendikbud 2016, pencapaian pendidikan di Indonesia dibidang sains pada tahun 2015  didukung oleh 3 aspek, salah satunya adalah aspek sosial ekonomi . Hasil PISA 2015 menunjukan bahwa pendidikan orang tua siswa mempengaruhi pencapaian pendidikan sains di Indonesia. Sebagian besar orang tua siswa  SD diKecamatan Pulokulon mengeyam pendidikan  sampai jenjang SMP. Penelitian ini didukung oleh aspek Science Motivation Quesionare yang diadaptasi dari  Glynn et. al ( 2009). Metode penelitian ini adalah kualitatif  dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari Penelitian ini adalah siswa kelas V  SD  yang terdiri dari 217 siswa sampel dari 17 SD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Motivation  siswa SD di Kecamatan Pulokulon, Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong dalam kriteria tinggi dengan persentase 47,9 %. Dilihat dari aspek Motivation Quesionare ( SMQ)  tergolong kriteria tinggi yaitu dengan skor rata- rata  103. Dari masing- masing SD di Kecamatan pulokulon diketahui dalam kriteria sangat tinggi dan tinggi pada aspek SMQ. Perbedaan kriteria tersebut dipengarui oleh beberapa faktor seperti guru, lingkungan keluarga  ataupun lingkungan masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...